Sehat Setiap Hari

Metode Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Organisasi layanan kesehatan dapat menggunakan metode perawatan kesehatan yang berbeda untuk peningkatan kualitas. Karena perawatan kesehatan bukan fenomena sederhana, industri merasa sulit untuk mengadopsi kontrol dan standarisasi metode peningkatan kualitas. Namun, metode umum yang mendefinisikan kualitas, menumbuhkan langkah-langkah perbaikan dan mengidentifikasi variasi melalui siklus PDSA dan diagram kontrol telah berhasil dalam penerapan proses perawatan kesehatan. Mari kita lihat beberapa metode peningkatan kualitas kesehatan.

1: Memfasilitasi Penelitian

Tidak cukup hanya memperkenalkan ide-ide baru kepada dokter dan mendiskusikan studi kasus. Alasannya adalah itu tidak akan memotivasi mereka untuk mengikuti inisiatif peningkatan. Lebih baik mempelajari teori peningkatan kualitas melalui pekerjaan perbaikan langsung. Dengan kata lain, ini diterapkan pada pengaturan klinis nyata. Juga, mengidentifikasi area penting bagi dokter dan mengembangkan platform untuk perbaikan dapat membantu membuat adopsi lebih mudah.

2: Menentukan Kualitas & Mencapai Kesepakatan

Jika kami sepakat tentang arti kualitas dalam konteks tertentu, kami dapat menetapkan langkah-langkah tersebut dan kemudian mengumpulkan data berdasarkannya. Juga, Institute of Medicine membuat kerangka kerja kualitas berdasarkan 6 tujuan untuk sistem untuk perawatan kesehatan. Namun, yang terpenting dari mereka adalah yang berorientasi pada pasien. Dengan kata lain, itu menekankan penyediaan perawatan berdasarkan pada nilai-nilai dan kebutuhan pasien individu. Selain itu, memastikan bahwa keputusan klinis dibuat berdasarkan nilai-nilai pasien.

Definisi kualitas mengacu pada apa yang menurut pasien penting. Ini untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan terbaik untuk penyakit mereka.

3: Peningkatan dan Akuntabilitas

Baik data dan pertimbangan adalah tulang punggung untuk meningkatkan kualitas. Ini adalah titik di mana sulit untuk mengurus hal-hal yang terkait dengan perawatan kesehatan. Biasanya, ketika datang ke metode meningkatkan kualitas, dokter berpikir bahwa mereka melibatkan ukuran kinerja yang membutuhkan pertanggungjawaban. Namun, penting untuk diingat perbedaan antara tindakan akuntabilitas dan tindakan peningkatan.

Biasanya, langkah-langkah akuntabilitas diproses untuk mendapatkan persentase. Pengukuran akuntabilitas, misalnya, mengumpulkan data tentang jumlah pasien ER yang harus bertahan selama lebih dari 30 menit untuk giliran mereka. Dan kemudian manajemen diminta untuk menjaga waktu tunggu di bawah setengah jam. Jadi, ukuran peningkatan menggambarkan periode tunggu aktual dalam hitungan menit untuk mengetahui kinerja sistem dan mereka memperbaikinya.

4: Siklus Peningkatan Siklus dan Kualitas PDSA

Untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan, banyak kerangka kerja yang digunakan:

-Model DMAIC Six Sigma
-Metodologi -Lean
-The Model Improvement dirancang oleh API pada tahun 1987
-Siklus -PDSA adalah bagian terpenting dari peningkatan kualitas layanan kesehatan
Di bawah ini adalah penjelasan dari siklus PDSA:

  1. Plan
  2. Do
  3. Study
  4. Act

5 Variasi dalam Data

Dengan wawasan yang lebih dalam tentang Mode untuk Perbaikan, rencana tersebut dapat membantu Anda mencapai tujuan peningkatan Anda. Beberapa wawasan ini berasal dari mengenal variasi data dan penyebabnya.

Selain itu, proses perawatan kesehatan meliputi dua jenis variasi: dimaksudkan dan tidak diinginkan. Variasi yang dimaksud mengacu pada melakukan sesuatu dengan tujuan yang berbeda. Dan ini mendefinisikan perawatan yang berorientasi pasien.

Di sisi lain, variasi yang tidak diinginkan terjadi ketika banyak dokter meresepkan berbagai jenis antibiotik untuk masalah yang dihadapi terlepas dari alasan variasi. Dan variasi kebiasaan atau variasi pemikiran bebas disebut variasi yang tidak disengaja.

Jadi, ini adalah deskripsi dari 5 metode kualitas kesehatan.