Sehat Setiap Hari

Mengurangi Demam Anak Tanpa Obat

Jika anak Anda demam dan Anda tidak harus menggunakan obat, Anda dapat melakukan pendekatan non-medis untuk mengurangi demam anak Anda.

Di sini penting untuk diingat bahwa menurunkan demam anak Anda tidak dapat membantu Anda menyembuhkan masalah atau penyakit yang mendasarinya. Sebenarnya, Anda demam ketika tubuh Anda mencoba melawan infeksi. Namun, penting untuk mengendalikan demam jika terlalu tinggi. Anak Anda seharusnya tidak merasa terlalu dehidrasi atau tidak nyaman. Diberikan di bawah ini adalah beberapa metode yang dapat Anda coba di rumah. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak.

Pendekatan pertama Anda adalah meletakkan kain dingin dan lembab di dahi anak Anda. Pastikan anak Anda berbaring di tempat tidur saat Anda melakukan perawatan ini.

Pendekatan kedua Anda harus memberi anak Anda spons atau mandi hangat. Penguapan air membuat kulit dingin dan menurunkan demam. Bukan ide yang baik untuk menggunakan air dingin untuk tujuan ini. Air dingin akan membuat anak Anda menggigil, yang dapat meningkatkan demamnya. Dengan cara yang sama, Anda tidak disarankan menggunakan alkohol gosok karena dapat menyebabkan keracunan alkohol atau lonjakan suhu.

Minta anak Anda minum banyak cairan. Anda dapat memilih yogurt dan es, misalnya, untuk mengurangi suhu dari dalam. Hidrasi membantu mendinginkan tubuh Anda. Idealnya, anak Anda harus minum air sebanyak mungkin. Pastikan airnya dingin, bukan air es.

Anda juga bisa menggunakan kipas angin. Namun, pastikan udaranya tidak terlalu dingin. Jadi, penting untuk menjaga pengaturan tetap rendah. Udara seharusnya bersirkulasi di sekitar mereka alih-alih bertiup langsung ke wajah mereka.

Minta anak Anda untuk melepas lapisan pakaian ekstra. Ini akan membantu anak Anda kehilangan panas melalui kulit mereka. Selain itu, Anda mungkin ingin mendandaninya dalam satu lapisan. Namun, lapisannya haruslah ringan. Jika dia mulai menggigil, Anda bisa menyelimutinya sampai dia merasa lebih baik lagi. Namun, pastikan selimutnya hangat.

Jika Anda berada di dalam ruangan, tempat itu seharusnya sejuk. Jika Anda berada di luar ruangan, pastikan Anda tetap berada di bawah naungan pohon atau sesuatu.

Di sini, Anda harus segera menghubungi dokter jika anak Anda berusia di bawah 3 bulan. Jika usia bayi Anda di bawah 3 bulan dan demamnya 38 derajat atau lebih buruk, Anda perlu dokter. Di sisi lain, jika dia lebih dari 6 bulan, Anda perlu bantuan dokter jika suhunya 39 derajat.

Terlepas dari usia anak Anda, Anda mungkin ingin memanggil dokter, terutama jika ia memiliki banyak gejala lain, seperti bintik-bintik ungu atau kesulitan bernapas. Umumnya, gejala-gejala ini adalah tanda-tanda infeksi bakteri. Dalam hal ini, Anda tidak dapat melakukan apa pun kecuali menghubungi dokter.

Singkatnya, ini adalah beberapa pendekatan efektif yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan suhu anak Anda jika Anda tidak bisa mendapatkan perhatian medis karena beberapa alasan.