Sehat Setiap Hari

Berbagai Proses Pengolahan Air

Berbagai Proses Pengolahan Air

Kita membutuhkan air bersih dan aman dalam kehidupan sehari-hari. Ini sangat penting untuk kesejahteraan, kebersihan, dan produktivitas masyarakat.

Proses pengolahan air mungkin sedikit berbeda di berbagai tempat, tergantung pada teknologi pabrik yang membutuhkan pengolahan. Meskipun demikian, prinsip dasarnya sama. Bagian berikut ini akan memberi Anda gambaran tentang berbagai proses pengolahan air standar.

Koagulasi / Flokulasi

Selama proses koagulasi, aluminium sulfat cair atau tawas dan / atau polimer dicampur dengan air mentah atau tidak diolah. Campuran itu menyebabkan partikel-partikel kotoran kecil di air saling menempel atau menggumpal. Kemudian, partikel-partikel kotoran ini membentuk kelompok-kelompok yang saling menempel dan membentuk gumpalan, partikel yang lebih besar dan lebih berat yang dapat dihilangkan dengan mudah melalui penyaringan atau pengendapan.

Pengendapan

Ketika partikel-partikel air dan gumpalan melewati proses perawatan, mereka mengalir ke bak sedimentasi. Di sini air mengalir perlahan, membiarkan partikel-partikel flok berat mengendap di dasar. Flok yang terakumulasi di dasar cekungan dikenal sebagai lumpur, yang disalurkan ke pengeringan laguna. Filtrasi langsung tidak termasuk langkah sedimentasi, dan filtrasi adalah satu-satunya proses dimana floc dihilangkan.

Penyaringan

Air melewati filter yang dimaksudkan untuk menghilangkan partikel di dalam air. Filter terdiri dari lapisan kerikil dan pasir dan, kadang-kadang, antrasit hancur. Filtrasi mengumpulkan kotoran yang tertahan di dalam air, kemudian semakin meningkatkan efisiensi disinfeksi. Filter dibersihkan secara teratur dengan backwashing menyeluruh.

Disinfeksi

Sebelum air masuk ke sistem distribusi, air itu didesinfeksi untuk memastikan bakteri, parasit, dan virus penyebab penyakit dimusnahkan. Klorin diberikan karena desinfektan yang hebat, dan konsentrasi yang tersisa dapat dipertahankan untuk melindungi dari kemungkinan kontaminasi biologis dalam distribusi air.

Pengeringan Lumpur

Padatan dikumpulkan kemudian ditempatkan di luar air melalui filtrasi dan sedimentasi disalurkan ke pengeringan laguna.

Fluoridasi

Ini adalah perawatan air masyarakat yang bertujuan untuk menyesuaikan konsentrasi ion fluoride bebas ke tingkat optimal yang cukup untuk meminimalkan karies gigi. Ini adalah persyaratan bagi Hunter Water untuk berfluoride sesuai dengan NSW Fluoridation of Public Water Supplies Act 1957.

Koreksi pH

Kapur dicampur dengan air yang disaring untuk menyesuaikan tingkat pH dan menstabilkan air lunak alami sehingga korosi dalam sistem distribusi ditambah pipa pelanggan akan berkurang.