Sehat Setiap Hari

Bahaya Dari Air Yang Terkontaminasi

Normal jika air keran dan air botolan, di antara jenis air minum lainnya, mengandung sejumlah kontaminan. Di AS, Badan Perlindungan Lingkungan atau EPA telah menetapkan standar ketat untuk sekitar 90 jenis kontaminan yang dapat ditemukan dalam air minum. Halaman ini memiliki kompilasi polutan air yang paling umum, yang telah dikategorikan di bawah ini untuk memberikan informasi lebih rinci tentang beberapa kontaminan tertentu dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan Anda.

Mikroba:

E coli dan Fecal Coliform

Ketika bakteri E coli dan Fecal Coliform hadir dalam air, ini merupakan indikasi bahwa air dapat mengandung limbah manusia / hewan yang membuatnya terkontaminasi. Mikroba dalam limbah tersebut dapat menyebabkan kram, diare, sakit kepala, mual atau gejala jangka pendek lainnya.

Cryptosporidium

Parasit yang dikenal sebagai cryptosporidium mendapatkan akses ke danau dan sungai melalui pembuangan kotoran manusia dan kotoran hewan. Mikroba ini hadir dengan kulit luar yang memungkinkannya hidup di luar tubuh untuk waktu yang lama, membiarkannya mentolerir sebagian besar desinfektan klorin. Ini menyebabkan penyakit pencernaan ringan yang disebut cryptosporidiosis. Penyakit ini bisa menjadi parah atau bahkan fatal, bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah. Baik EPA dan CDC memiliki saran mengenai Cryptosporidium untuk orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Giardia Lamblia

Giardia lamblia, seperti cryptosporidium, adalah parasit yang memasuki danau dan sungai melalui pembuangan kotoran manusia dan kotoran hewan. Ini menyebabkan penyakit gastrointestinal seperti kram, diare dan muntah. Itu juga bisa bertahan lama di luar tubuh. Sulit untuk diobati dengan menggunakan desinfektan klorin dasar.

Bakteri Coliform

Meskipun bakteri coliform tersebar luas di lingkungan, mereka biasanya tidak berbahaya. Namun, kehadiran mereka dalam air minum sering disebabkan oleh masalah dengan pipa distribusi air atau sistem pengolahan. Ini menunjukkan bahwa air mungkin terkontaminasi oleh kuman penyebab penyakit.

Kekeruhan

Kekeruhan tidak mempengaruhi kesehatan dengan cara apa pun. Ini dapat mengganggu desinfeksi, karena partikel dapat berfungsi sebagai perlindungan bagi bakteri dan virus, menyediakan media bagi mikroba untuk tumbuh. Kekeruhan dapat menunjukkan adanya organisme yang menyebabkan penyakit. Ini termasuk bakteri, parasit dan virus yang dapat menyebabkan gejala seperti kram, diare, mual dan sakit kepala.

Radionuklida:

Apha emitter

Beberapa mineral bersifat radioaktif dan dapat memancarkan beberapa bentuk radiasi yang disebut radiasi alpha. Orang yang minum air yang mengandung pemancar alfa melebihi standar EPA selama beberapa tahun lebih rentan terkena kanker.

Pemancar beta / foton

Beberapa mineral yang radioaktif memancarkan beberapa bentuk radiasi yang disebut sebagai foton dan radiasi beta. Ketika orang minum air yang mengandung beta dan foton di luar standar EPA selama beberapa tahun, mereka menjadi lebih rentan terkena kanker.

Radium Gabungan 226/228

Jumlah radium yang dapat diterima dalam air minum sangat kecil. Orang yang minum air yang mengandung radium 226/228 lebih dari standar EPA selama bertahun-tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker.

Ketika gas radon larut, ia dapat menumpuk di sumber air bawah tanah seperti sumur, dan juga udara di dalam rumah Anda. Menghirup gas ini dapat menyebabkan kanker paru-paru. Anda lebih rentan terkena kanker ketika Anda minum air yang mengandung radon. Radon yang terbawa udara lebih berbahaya daripada radon dalam air.